Contoh naskah drama tentang pendidikan

Drama bertemakan pendidikan merupakan salah satu jenis drama yang paling banyak dimainkan, baik di sekolah maupun di lembaga-lembaga pendidikan non formal. Pentingnya pendidikan membuka kesadaran berbagai elemen masyarakat untuk mencoba mengingatkan kepada kaum muda khususnya yang dalam hal ini dapat disampaikan melalui berbagai bentuk, dan salah satunya melalui pementasan drama.

Penulisan teks drama tentang pendidikan tidak jauh berbeda dengan penulisan teks drama yang mengusung tema diluar dunia pendidikan. Poin pokok dalam setiap penulisan dialog naskah drama adalah terletak pada ide, alur, penokohan atau karakter, dan yang terpenting naskah tersebut harus ditulis secara deskriptif agar para pemain dapat memerankan karakter masing-masing secara sempurna.

Berikut ini adalah contoh skenario drama tentang pendidikan untuk 3 orang yang diharapkan bisa memberikan referensi pembelajaran berarti bagi Anda berkaitan dengan penulisan naskah drama yang memenuhi standar.

Naskah Drama Pendidikan

Judul: Malas Masuk Sekolah Karena Ketinggalan Materi Pelajaran
Tema: Pendiidikan
Pemain: 3 orang
Karakter:
Lisa: Sosok remaja yang selalu memprioritaskan pendidikan
Tina: Sosok remaja yang baik hati dan selalu peduli dengan masalah temannya
Sinta: Sosok remaja yang malas masuk kelas karena ketinggalan materi pelajaran biologi

Sinopsis Drama

Lisa, Tina, dan Sinta adalah tiga remaja bersahabat yang saling memiliki kepedulian antara satu sama lain. Pada suatu hari Lisa mendapati Sinta tidak masuk sekolah, padahal dia tidak sedang berhalangan. Sinta bahkan sering tidak masuk sekolah padahal UAN tidak lama lagi akan dilaksanakan. Usai ditanya, Sinta kemudian menjelaskan alasannya kenapa dia malas masuk sekolah.

Adegan Drama Dimulai...

Lisa:
Sin, kamu kemarin kenapa bolos? UAN kan sudah dekat, mestinya kamu lebih serius belajarnya, bukannya malah suka bolos!

Sinta:
Kemarin aku malas banget mau masuk kelas. Nggak tau deh, akhir-akhir ini aku makin malas aja sekolah.

Tina:
Malas sekolah?! Kamu kan tahu kalau bentar lagi udah mau UAN, apa kamu nggak takut ntar nggak lulus?

Lisa:
Iya, apa kamu nggak takut jadi siswa yang nggak lulus UAN lantaran kamu malas masuk sekolah? Apa kamu nggak malu, Sin?

Sinta:
Ya malu dong..!

Lisa:
Terus kenapa kamu suka bolos? harusnya kamu lebih semangat dan fokus, bukannya malah malas-malasan masuk sekolah.

Tina:
Benar apa yang dikatakan Lisa itu. Mulai sekarang kamu harus fokus, dan jangan sampai kamu bolos lagi.

Sinta:
Kalian tahu kenapa aku malas banget masuk kelas?

Lisa:
Memangnya kenapa? ada apa, Sin?

Tina:
Iya, ada apa Sin?

Sinta:
Kalian kan tahu, waktu jam pelajaran biologi aku kan nggak pernah merhatiin. Nah, sekarang kalau aku serius pun udah terlambat soalnya aku udah ketinggalan jauh.

Selama ini Sinta memang tidak menyukai pelajaran biologi sehingga dia tidak pernah memperhatikan saat jam pelajaran.

Lisa:
Nah, coba kamu renungkan sekarang.. bukannya penyesalan itu datangnya belakangan? nanti kalau kamu nggak lulus, kamu juga bakal lebih menyesal dari sekarang. Makanya, mulai sekarang kamu harus rajin sekolah. Manfaatkanlah sisa waktu yang ada.

Sinta:
Tapi aku nggak bisa. Kan sudah ku bilang, aku sudah ketinggalan jauh materi pelajaran yang satu ini. Terus bagaimana aku ngerjainnya?

Tina kemudian mencoba memberikan solusi kepada Sinta terkait permasalahan yang dihadapi oleh temannya itu.

Tina:
Okay, sekarang begini saja.. gimana kalau kamu ikut les. Dengan begitu kamu bisa mempelajari meteri pelajaran biologi mulai dari awal.

Lisa sangat setuju dengan rekomendasi yang diberikan Tina.

Lisa:
Ide bagus itu! Iya, kamu ikut les aja, Sin. Kamu bisa belajar semuanya mulai dari awal, dan asal kali ini kamu serius, kamu pasti bisa.

Sinta terdiam dan terlihat merenung. Dalam benak Sinta terucap "sepertinya apa yang diusulkan Tina harus aku terima deh..".

Tina:
Gimana, kamu setuju kan?

Sinta:
Okay deh, aku setuju. Sepertinya ide kamu ini memang masuk buatku. Tapi, aku ikut les dimana?

Tina:
Gampang, kamu tenang aja. Nanti aku akan nanya ke temen-temen yang lain dimana tempat les biologi yang paling bagus.

Usai mencari informasi dari teman-temannya, Tina akhirnya merekomendasikan Sinta untuk ikut les di Bu Martini. Bu Martini adalah seorang gutu biologi yang sudah memiliki background mengajar cukup lama, baik di sekolahan maupun untuk lest private.

Sore hari itu Tina menemui Sinta dirumahnya.

Tina:
Sin, aku udah nemu tempat les yang pas buat kamu.

Sinta terlihat senang mendengarnya.

Sinta:
Oya? dimana, Tin? kapan aku bisa mulai masuk? Oh.. iya, berapa biayanya?

Tina:
Kamu ikut les dirumah Bu Martini setiap hari Senin, Selasa, dan Rabu. Mengenai biayanya, nanti kamu langsung tanyakan saja secara langsung waktu kamu masuk les. Tapi, kamu tenang saja, dengar-dengar, biaranya nggak mahal kok.

Sinta:
Okay, siap. Thanks banget ya udah peduli sama aku.

Tina:
Yup, yang penting sekarang, kamu harus giat dan fokus, okay?

Sinta:
Okay, janji!

Dialog Drama Pendidikan - END

Mengacu pada dialog diatas, naskah drama ini dapat dimainkan untuk 3 orang pemeran, atau bisa juga untuk 4 orang.

Demikian referensi contoh naskah drama pendek tentang pendidikan, semoga contoh diatas berguna bagi Anda.

Contoh Drama Lainnya


0 Response to "Contoh naskah drama tentang pendidikan"

Poskan Komentar